Apakah Merokok merupakan Faktor Risiko pada Penderita Stroke Infark

Apakah Merokok merupakan Faktor Risiko pada Penderita Stroke Infark? - Stroke merupakan penyakit Cerebro Vaskuler yang menjadi masalah di Negara maju maupun berkembang.

Di Amerika Serikat dan Negara barat lainnya, stroke merupakan penyebab kematian ketiga setelah penyakit kardiovaskuler dan kanker serta penyebab kecacatan pada usia dewasa yang akhirnya berdampak pada sosial dan ekonomi (Donan et al.,1993; Dopkin, 1995).

Stroke merupakan penyebab kematian ketiga utama setelah penyakit jantung dan kanker di rumah sakit DR Sardjito (Sutantoro &Lamsudin,1993).

Shinton dan Bevers(1989) melakukan studi meta analisis terhadap 32 penelitian dari tahun 1965 sampai 1989 mengenai hubungan antara merokok dan stroke; didapatkan bahwa seorang perokok berisiko mendapat serangan stroke sebesar 1,5 kali dibandingkan yang tidak merokok (RR gabungan 1,5 dengan CI antara 1,4-1,6).

Sasongko (1999) melakukan studi meta analisis dari 8 penelitian dengan rancangan kusus control dan 2 penelitian dengan rancangan kohort, secara keseluruhan didapatkan bukti bahwa merokok merupakan factor risiko terjadinya stroke. Untuk stroke infark, OR pada perokok dibanding yang tidak merokok adalah 1,86 (dengan 95% CI antara 1,59 – 2,19).

Menurut Bronner et al. (1995), merokok merupakan penyebab utama terjadinya terjadinya stroke infark dan perdarahan.

Hankey (1999) meneliti hubungan antara merokok dengan stroke, yang masih belum jelas apakah merokok dapat menyebabkan stroke. Simoncini (2001) mengemukakan bahwa merokok sebagai factor risiko stroke selalu disertai dengan factor risiko lainnya, seperti hipertensi, kardiopati, diabetes, vaskulopati perifer, hiperlipidemia, kontrasepsi oral; sehingga peran merokok dalam patogenesis stroke masih sulit dipastikan. Sampai saat ini disimpulkan bahwa merokok termasuk factor risiko tunggal yang belum terbukti dengan pasti apakah dapat menyebabkan stroke, dan termasuk yang diobati (Dyken et al, 1984 cit Musfiron & Lamsudin, 1998)

Apakah Merokok merupakan Faktor Risiko pada Penderita Stroke Infark? Coba deh diteliti untuk mengetahui lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment